Sunday, February 1, 2015

Pertumbuhan dan Perkembangan Hewan dan Tumbuhan

 Pertumbuhan mengandung pengertian pertambahan ukuran, dapat berupa volume, massa, tinggi, dan ukuran lainnya yang dapat dinyatakan dalam bilangan atau bentuk kuantitatif. Adapun perkembangan mengandung pengertian bertambah dewasanya suatu individu. 
 

Daur Hidup kucing
METAMORFOSIS
Metamorfosis merupakan perubahan bentuk yang dialami oleh beberapa hewan. Hewan yang memiliki daur hidup dengan cara metamorfosis misalnya kupu-kupu, kecoak, belalang, kumbang dan sebagainya. Perubahan bentuk dengan metamorfosis dibagi menjadi dua yaitu:
1. Metamorfosis Sempurna
Metamorfosis sempurna merupakan perubahan bentuk yang yang sangat berbeda ketika makhluk hidup lahir dengan ketika dewasa. Hewan yang mengalami metamorfosis sempurna mengalami masa pupa/kepompong. Contohnya adalah kupu-kupu, nyamuk, kumbang dan katak.
Ketika kupu-kupu dewasa bertelur, telurnya akan menetas menjadi larva yang berbentuk ulat, ulat menjadi kepompong dan kepompong kemudian berubah menjadi kupu-kupu dewasa.
Perubahan bentuk pada katak juga mengalami metamorfosis sempurna. Setelah telur, katak menetas menjadi katak muda atau cebong. Nama lain dari cebong adalah berudu. Berudu hidup di air dan masih memiliki ekor. Menjelang dewasa, kaki berudu mulai tumbuh dan masih berekor. Setelah dewasa, kaki katak tumbuh sempurna dan ekornya pun menyusut hingga tidak memiliki ekor lagi. Pada tahap katak dewasa, katak lebih sering hidup di darat dan akan kembali ke air untuk bertelur. Begitu seterusnya siklus hidup katak dengan metamorfosis sempurna

2. Metamorfosis Tidak Sempurna     Metamorfosis tidak sempurna merupakan perubahan bentuk yang tidak terlalu berbeda ketika makhluk hidup lahir dengan ketika dewasa. Hewan yang bermetamorfosis tidak sempurna tidak mengalami masa pupa/kepompong sehingga perubahan bentuknya tidak terlalu berbeda. Contohnya adalah belalang, kecoak, capung, kepik, laron.
Daur Hidup Belalang

Daur Hidup Tumbuhan
 Tumbuhan pun memiliki daur hidup yang berbeda-beda. Tumbuhan kacang memiliki daur hidup yang berbeda dengan tumbuhan padi. Begitu pula tumbuhan mangga memiliki perbedaan daur hidup dengan pohon salak.
Daur hidup tumbuhan dapat diperpendek oleh manusia. Sebagai contoh, pohon mangga dapat diperpendek siklus hidupnya dengan dicangkok. Manfaat mencangkok adalah kita dapat menikmati buah dengan rasa yang sama dengan tanaman induk dalam waktu yang relatif singkat (daripada ditanam dengan biji). 




 DAUR HIDUP MANGGA
Buah mangga yang sering kita makan pasti memiliki biji. Biji tersebut jika ditanam, suatu saat akan tumbuh akar dan tunas. Tunas tersebut akhirnya menjadi pohon mangga kecil yang lama-kelamaan menjadi besar dan berbunga. Bunga-bunga mangga ini merupakan cikal bakal buah mangga yang sering kita makan.

No comments:

Post a Comment